Radang amandel, operasi atau tidak dan solusi mantap untuk alternatif

Bulan maret 2012, saya didiagnosa kena radang amandel oleh salah satu dokter di ibukota, katanya “wah, amandelmu yang di sebelah kanan kok merah?” cuma itu………… ( pikir saya, oh radang tenggorokan kali maksudnya ya?!)

Untuk informasi sebelum lanjut, amandel itu yang dulunya saya kira yang ada di tengah tengah tenggorokan yang bergelantungan bergetar, teryata bukan, tapi yang di sebelahnya, apabila anda menderita radang amandel, kemungkinan besar kedua sisi ini bakal tampak keluar dari ujung dan membesar🙂

nah sebenarnya apa si tugas amandel ini, dia adalah pertahanan awal tubuh kita ketika kita menelan sesuatu, virus bakteri akan dilawan dulu oleh amandel, nahhh…gimana jadinya kalo ini dioperasi? seperti gerbang pertahanan kastil kita dicopot? bisa jadi iya bisa jadi tidak.

Lanjut ceritanya, dokter memberi saya ANTIBIOTIK dan beberapa obat anti radang dan vitamin untuk daya tahan tubuh.

apa yang saya lakukan?

1.  jaga makanan, tidak makan yan gbersifat panas, mulai dari “panas” yaitu jahe merica gorengan lada sambel, sampe yang memang panas: air terlalu panas, dll

2. minum antibiotik dan obat2lainnya

apa yang terjadi? saya tetap radang, dan bahkan berlanjut sampe kalo bicara jadi tenggorokan panas dan malah badan sering keringat dingin dll

Tentu saja langkah berikutnya adalah saya kembali ke dokter dan tentu sekali lagi, saya diberi obat yang sama untuk diulangi🙂

Hasilnya? NIHIL.

For your information, saya meminum antibiotik mulai dari harga yang rp.1000an sampe yang harganya rp.50,000/butir dan hasilnya semuanya NIHIL

menarik sekali, akhirnya saya mengadakan research mengenai ANTIBIOTIK. intinya adalah setiap penyakit yang tidak disebabkan oleh bakteri, adalah PERCUMA bila diobati dengan antibiotik, hanya apabila suatu penyakit disebabkan oleh bakteri sajalah maka antibiotik merupakan obat yang diharuskan, apabila tubuh meminum antibiotik terus menerus,maka ditakutkan bakterinya akan menjadi SUPERBUG sehingga dosis kudud ditingkatkan.

ok, tentu saja saya pergi ke dokter lain setelah itu, dokter yang kali ini menarik, dia bilang “kamu harus OLAHRAGA, minum vitamin, anti radang, TIDAK PERLU ANTIBIOTIK” menarik sekali dokter ini menurut saya

saya ikuti sarannya, dan menariknya, keadaan saya berangsur membaik meski pelan, nah bagaimana cara untuk membasminya supaya bener2 saya fit kali ini,seorang teman menganjurkan saya untuk mengkonsumsi buah buahan, terutama LEMON di pagi hari sebelum beraktifitas, dan saya mencobanya, juga saya menambahkan jus jambu merah, ( Keduanya saya konsumsi sebelum makan ya, ingat buah hanya dikonsumsi sebelum makan)

hasilnya? bisa dibilang kondisi saya 95% jauh membaik, apa saja yang saya minum

1. jus lemon pagi , jus lemon sebelum makan malam

2. OLAHRAGA is a must, semakin fit, tubuh akan mematikan virus2 dalam tubuh

3. Istirahat cukup

4. Hindari gorengan sebisa mungkin, ga makan gorengan tanpa diet, berat saya turun 4 kg dalam 1.5 bulan, fiuhh..

5. Kumur air garam bila tenggorokan terasa agak mengganggu ( dipercaya air garam yang beryodium bisa mematikan virus dan mengecilkan amandel, it works for me)

itu rutinitas saya sekarang untuk menjaga amandel saya.

Yang paling parah benernya adalah ketika dokter bilang “OPERASI” bukan saja menakutkan kita, tapi kita harus cari 2nd opinion dokter sebelum masuk ke meja operasi, asal masih bisa ya…pengalaman saya sering dokter asal bilang “operasi” padahal bisa diobati oleh dokter lain tanpa operasi asal SABAR, jangan jangan ujungnya itu dokter duit juga?! kita tidak tahu, tapi ya sedih kalo itu benar🙂

Untuk yang radang amandel, jangan dioperasi dulu, ubah gaya hidup kalian coba saran saya, dan ayo sharing menurut anda bagaimana🙂

 

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

