TV one terjebak fashion show charity settingan?!

Berikut adalah berita yang menurut saya sangat menarik,pakah ini adalah salah satu cara mencari uang mengatasnamakan amal ( sebenarnya dulu ada juga yang mengatasnamakan panti asuhan ) tapi kali ini yng saya baca diselubungi acara fashion show bertajuk amal.

Ada 4 pihak yang bisa dibilang terlibat secara langsung atau tidak langsung.
1. Fifie buntaran sang penyelenggara,
2. Valencia (@justsilly) pekerja sosial yang mencarikan dana untuk nando
3. Nando penderita gagal ginjal yang dijanjikan uang amal dari penjualan baju di fashion sho tersebut
4. TV one, stasiun televisi yang menayangkan acara fashion show tersebut

Berikut kronologi pertama berita ini
—————————————————–

Kisah ini berawal saat Valencia atau yang biasa dipanggil Silly ini diminta oleh Fifie Buntaran untuk datang ke acara amal yang berlangsung di Hotel Sheraton di daerah Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Silly diundang untuk menjelaskan kepada peserta amal tentang Nando, bocah kecil yang menderita gagal ginjal. Maklum, selama ini Silly memang aktif bergelut di bidang pekerja sosial, utamanya membantu anak-anak yang menderita penyakit berat.

“Apalagi penyakit Nando ini mirip dengan penyakit almarhum ibu saya,” cerita Silly saat dihubungi detikcom, Minggu (20/11/2011) pagi.

Alangkah bahagianya Silly saat acara amal tersebut mendapat respons sangat positif. Gaun-gaun yang ditampilkan dalam acara ‘Charity Fashion Show’ tersebut terjual dengan harga yang fantastis. Satu gaun bisa terjual puluhan juta rupiah. Ditegaskan dia, acara amal malam itu memang didedikasikan untuk menyumbang Nando.

Dalam hati, Silly berpikir semua uang yang dihasilkan dalam malam amal tersebut akan disumbangkan ke Nando. Tapi alangkah kagetnya dia, saat acara selesai. Ternyata tidak ada tanda-tanda transaksi, apalagi komitmen dari panitia untuk menyumbang Nando. Saat Silly tanya kepada Fifie Buntaran, dia malah mendapatkan jawaban yang mencengangkan.

“Maaf ya mbak, ini acaranya settingan buat tvOne. Buat Nando, mbak bikin broadcast message saja, lengkap dengan nomor rekening dan nomor telepon,” cerita Silly.

Alangkah terkejutnya Valencia mendengar pengakuan Fifie. Namun saat itu dia tidak mempermasalahkannya karena tidak ingin mencari masalah. “Saya pun pulang tanpa marah,” ujarnya.

“Tapi lama-lama saya berpikir kalau ini terus dibiarkan nanti orang berpikir, oh ternyata Mbak Silly tujuannya biar dapat duit banyak, bikin acara amal tidak dikasih ke pasiennya. Pasti nanti nama saya rusak, padahal sebenarnya saya nggak terlalu memikirkan nama baik,” imbuh Silly.

Akhirnya Silly meminta kepada pihak tvOne dan Fifie untuk tidak menampilkan gambarnya dan foto Nando dalam acara yang akan ditayangkan di tvOne. “Saya tetep kontak kedua belah pihak, baik Fifie maupun tvOne. Saya bilang, mbak tolong saya gak ikut campur soal settingan. Tolong semua gambar saya dan foto Nando tidak ditampilkan,” pinta Silly.

“Sehari sebelumnya saya dapat konfirmasi dari tvOne, dikatakannya bahwa acaranya di-cut. Saya bersyukur. Tapi ternyata tadi malam acaranya ditayangin, dan ada gambar saya,” sesal Silly.

Dalam tayangan tersebut, lanjut Silly, ada foto Nando yang dibawa oleh seseorang dan gambar dirinya sedang membawa tulisan tentang Nando. Memang menurut dia, dalam tayangan tersebut tidak dijelaskan bahwa acara amal tersebut tidak untuk Nando, dan Silly pun tidak sedang tampak memberi sambutan.

“Mereka pintar, mereka bermain di grey area dan tidak mau rugi dengan tetap menayangkan acara tersebut,” ucapnya.

Akhirnya, untuk menumpahkan kekesalannya, Silly menulis di blog tentang kronologi kisah charity abal-abal yang dia alami. Dia tidak bermaksud untuk terkenal dan ingin masuk TV. Dia pun tidak berencana ingin menggugat tvOne dan Fifie ke jalur hukum. Karena menurutnya, waktunya akan banyak tersita untuk masuk lewat jalur hukum.

Sampai saat ini, Silly masih bimbang. Jika ada pihak-pihak lain yang ingin membantu memberi solusi, dengan senang hati dia akan menerimanya.

“Saya nggak ingin ke jalur hukum, tujuannya tidak untuk mencari popularitas. Saya akan save energi saya untuk terus kerja sosial,” ungkap wanita yang ibundanya meninggal dunia pada Februari 2011 lalu akibat gagal ginjal.

Dalam blognya, Silly menjelaskan Nando mengalami gagal ginjal. Belakangan penderitaan Nando bertambah karena menurut informasi dari mamanya, diduga terjadi gagal operasi. Akibatnya usus Nando harus dikeluarkan.

Nando sudah mengalami berkali-kali operasi sehingga mengalami perlengketan usus. Akhirnya pihak keluarga memutuskan untuk memindahkan Nando ke RSCM Jakarta untuk pengobatan lebih lanjut karna kondisi Nando yang semakin drop. Sebelumnya Nando dirawat di Lampung.
—————————————————-

Berikut kronologi kedua dari peristiwa ini yang berupa respon dari fifie buntaran. Yang menarik adalh cerita dari fifie buntaran yang bertolak belakang dengan keterangan dari valencia, silahkan baca keterangan dibawah ini
—————————————————-
Fifie Buntaran, penyelenggara acara ‘Charity Fashion Show’ yang tayang di acara “Sosialite” tvOne, membantah acara amal yang dia selenggarakan adalah settingan. Acara tersebut memang benar sebagai acara amal yang digabungkan dengan fashion show.

Menurut Fifie, Valencia Mieka Randa (Silly), pihak yang akan menerima sumbangan untuk nantinya diserahkan kepada Nando, bocah penyandang gagal ginjal, telat datang di acara amal. Sehingga uang hasil amal diserahkan kepada pihak lain yang juga membutuhkan.

“Karena dia telat datang, kita berembug dan akhirnya mengalihkan dana kepada pihak lain yang membutuhkan,” kata Fifie saat dihubungi detikcom, Minggu (20/11/2011).

Fifie menyesalkan kenapa Silly tidak datang tepat waktu saat acara amal berlangsung. Padahal Silly diundang untuk briefing acara pukul 10.00 WIB, selanjutnya acara berlangsung pukul 14.00-18.00 WIB.

“Dia datang malah hampir pukul 18.00 WIB, dan acaranya sudah mau selesai, sudah penutupan. Semua pendukung acara sudah di panggung, seperti Kristina (penyanyi dangdut), dan lain-lain,” papar Silly.

Melihat Silly datang terlambat, Fifie pun secara spontan memanggil Silly untuk naik ke panggung dan memperkenalkan kepada para hadirin. “Saya panggil Silly, saya kenalkan ke publik. Mungkin momennya salah ya. Maksud saya kan saya pengin ngenalin ke grup pada saat carity-carity selanjutnya bisa juga mengundang dia. Tapi kok malah dia seperti ini?” keluh wanita berambut panjang tersebut.

Nah, saat Silly naik panggung itulah akhirnya Silly kesorot kamera. Dan akhirnya gambar dia sempat terekam di acara Sosialite di tvOne.

“Padahal cuma satu detik, dia juga tidak ngomong apa-apa di tayangan itu. Banyak di-cut,” beber Fifie.

“Ada gambar dia karena model-model lagi closing. Dia berdiri di belakang, di antara para artis. Dan fotonya Nando kelihatan tapi cuma kecil,” imbuhnya.

Fifie menambahkan, tidak cuma satu kali ini saja Silly diajak kerjasama penggalangan dana. Sebelumnya Fifie juga pernah memberi sumbangan kepada Silly.

“Fotonya ada,” ujarnya yang mengaku bisa kenal dengan Silly lewat artis Fla Prisilla, anggota band Tofu.

Tapi benar acara tersebut ditujukan untuk Nando? “Sebenarnya ini bukan untuk Nando saja. Tapi karena dia nggak hadir, berarti ini dana musti kita alihkan dong. Karena dia tidak hadir, datang telat, trus bagaimana?” jawab Fifie.
————————————————–

Berikut klarifikasi dari tvone untuk kasus ini tvone sempat dikira ikut mensetting acara ini, semua saling membela diri, we’ll see kasus yang semakin menarik ini,paakah akan tetap diangkat atau tiba2 hilang dengan lawan media
————————————————–
Pihak stasiun televisi tvOne menyangkal terlibat dalam acara bertajuk “Charity Fashion Show” yang dituding penuh rekayasa. Sebagaimana media lainnya, tvOne hadir ke acara amal yang digelar para sosialita itu untuk meliput.

“Jadi kalau ada pihak tertentu merasa ada settingan, kita tidak tahu itu. Tanya saja kepada panitia. Kalau dikatakan kita yang setting, saya garansi 100 persen itu nggak benar,” ujar General Manager News and Sports tvOne, Totok Suryanto, kepada detikcom, Minggu (20/11/2011).

Menurut Totok, tvOne meliput acara Charity Fashion Show berdasarkan undangan yang sampai ke meja redaksi. Kebetulan, tvOne mempunyai program yang mengangkat aktivitas para sosialita berjudul “Socialite”.

“Kita sifatnya meliput orang-orang yang melakukan aktivitas sosialita. Kalau terlibat di dalamnya, nggak. Itu yang meliput tidak hanya tvOne, media lain seperti televisi dan cetak banyak banget,” lanjut Totok.

tvOne juga tidak berurusan sama sekali dengan dana sumbangan yang dikumpulkan dalam acara amal di Hotel Sheraton, Jakarta, itu. “Nggak sama sekali. Kita ya, kaya meliput acara seperti biasa. Kalau soal honor acara tidak dibayar itu bukan urusan kita,” ucapnya.

Meski demikian, Totok mengatakan, tvOne tetap akan melakukan evaluasi terhadap tayangan Socialite kemarin malam, yang telah menimbulkan tanda tanya publik. Pihaknya juga akan menanyakan kepada penyelenggara acara tentang apa yang sebetulnya terjadi.

“Kita akan evaluasi terhadap tayangan yang ditanyakan publik. Kita akan minta klarifikasi juga karena tidak terlibat urusan mereka dan tidak men-setting. Kita akan tanya sebetulnya bagaimana?” tutur Totok.
—————————————————
Bagaimana menurut kalian? Kira kira untuk siapa keadilan kali ini, pekerja sosial, sosialita atau media?

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s